Chat with our Network Representatives now:
“HighScope Indonesia Mendefinisikan Keterampilan Akademik untuk Pendidikan Abad 21”
Jakarta, 22 Mei 2019 - Dalam rangka melanjutkan peran aktif HighScope Indonesia dalam mengembangkan sistem pendidikan di Indonesia serta dalam rangka memberikan pemahaman dan wawasan baru kepada rekan-rekan praktisi pendidikan maupun orangtua murid, HighScope Indonesia mengundang Thomas R. Guskey, Ph.D, seorang pakar pendidikan di bidang penilaian (assessment) dari Amerika Serikat. Pada kesempatan ini HighScope Indonesia menggelar parents workshop bertajuk “Is My Child’s School Academic Enough?” pada hari Rabu, 22 Mei 2019 dan bertempat di Black Box Theater, Sekolah HighScope Indonesia TB SImatupang. Parents Workshop ini bertujuan untuk memperluas pengetahuan orangtua murid mengenai keterampilan akademik, yang sebelumnya tradisional, menjadi keterampilan akademik yang dibutuhkan untuk sukses di abad 21.
Dalam kesempatan yang sama HighScope Indonesia melihat adanya kebutuhan untuk mendefinisikan keterampilan akademik yang sesuai dengan perkembangan zaman. “Academic skills as the ability to grasp the knowledge taught in school to be processed scientifically and creatively using executive function of the brain and the ability to present essential understanding clearly and logically.” HighScope Indonesia meyakini bahwa keterampilan akademik tidak hanya sebagai keterampilan membaca, menulis, berhitung, dan mendapatkan nilai baik dalam ujian, namun sebagai kemampuan anak untuk menangkap pengetahuan yang diajarkan di sekolah, dan diproses secara ilmiah dan kreatif oleh fungsi eksekutif otak; serta kemampuan untuk mengkomunikasikan esensi pengetahuan dengan jelas dan logis.
Persepsi umum mengenai keterampilan akademik, sebagian besar berkaitan dengan kinerja dan nilai akademik. Sebenarnya keterampilan akademik tidak hanya kinerja akademik tetapi juga soft skills. Dunia kerja masa depan membutuhkan individu yang memiliki keterampilan akademik yang kuat. Oleh karena itu, sekolah harus mempersiapkan siswa untuk mengembangkan keterampilan akademik siswa. Namun, keterampilan akademik seperti apa sebenarnya dan bagaimana sekolah harus mengembangkan keterampilan akademik siswa? Apa yang sebenarnya kita ketahui tentang kinerja dan keterampilan akademik? Mengapa kinerja dan keterampilan akademik diperlukan untuk anak-anak? Apa dampak dari pengembangan kinerja dan keterampilan akademik untuk masa depan anak-anak? Apa yang dilakukan oleh sekolah yang baik, untuk mengembangkan keterampilan akademik anak? Bagaimana kita sebagai orangtua dapat membantu anak-anak kita mengasah potensi akademis mereka? Pertanyaan-pertanyaan inilah yang dijawab dan dijelaskan oleh Thomas R. Guskey, Ph.D dalam Parent Workshop kali ini.
Thomas R. Guskey, Ph.D adalah Profesor Emeritus di College of Education University of Kentucky dan Senior Research Scholar. Beliau adalah penulis/ editor 24 buku pemenang penghargaan dan lebih dari 250 bab buku, artikel, dan makalah profesional tentang educational measurement, evaluation, assessment, grading, dan professional learning. Beliau akan memberikan edukasi secara umum mengenai persepsi, perkembangan, dan relevansi dari keterampilan akademik, yang selama ini dibatasi definisinya sebagai kemampuan dan kemahiran dalam bidang akademik yang ada pada pendidikan formal dan skills yang disyaratkan di universitas & dunia kerja saat ini dan masa depan. Melalui kegiatan ini, diharapkan para orangtua murid mendapatkan wawasan baru terhadap persepsi akademik itu sendiri dan tuntutan akademik yang disyaratkan oleh universitas maupun dunia kerja. HighScope Indonesia telah bekerja sama dengan Thomas Guskey sejak 2014 dalam mengembangkan sistem penilaian dan pelaporan di sekolah HighScope Indonesia.