April 22 2024
Keberlanjutan dan Inovasi Berakar di HighScope Indonesia

Keberlanjutan dan Inovasi Berakar di HighScope Indonesia

Mengintegrasikan otomasi dan robotika untuk menghadapi tantangan dunia nyata

 

Dunia terus berubah dengan kecepatan yang tidak terduga, demikian juga dengan tantangan yang muncul di sektor pendidikan, mulai dari pandemi global dan bencana lingkungan hingga pergeseran nilai-nilai, transformasi budaya, dan bahkan ketidakstabilan ekonomi. Selain itu, teknologi berkembang dengan cepat, menawarkan akses mudah bagi masyarakat kepada kecerdasan buatan, realitas virtual, realitas terpancang, dan inovasi-inovasi lain yang revolusioner. Salah satu dari 4 Pilar Visi Indonesia 2045 (Indonesia Emas 2024) termasuk "Pembangunan Manusia dan Penguasaan Sains dan Teknologi" dengan mencerdaskan kehidupan bangsa. Generasi saat ini menghadapi tantangan dalam skala yang belum pernah terjadi sebelumnya. Mereka diserang dengan aliran informasi yang konstan dan semakin bergantung pada solusi instan. Mereka berisiko mengalami perjalanan belajar yang monoton. Menggantikan masalah-masalah ini, Sekolah HighScope Indonesia telah berusaha menyediakan solusi inovatif dan efektif untuk menjawab tantangan-tantangan ini.

 

Sejak didirikan pada tahun 1996, Sekolah HighScope Indonesia telah berkomitmen untuk mengembangkan kemampuan pengambilan keputusan anak-anak melalui pendekatan belajar yang unik dan praktis. Kurikulum sekolah ini dirancang untuk memberikan siswa berbagai pengalaman yang mengasah keterampilan mereka dalam pengambilan keputusan. Di Sekolah HighScope Indonesia, siswa belajar matematika, ilmu pengetahuan, dan bahasa melalui proyek-proyek yang membahas fenomena alam dan sosial yang terjadi di dunia. Mereka diajarkan untuk memecahkan masalah dengan menggunakan hasil pembelajaran, yang terdiri dari delapan keterampilan hidup yang termasuk dalam kurikulum untuk setiap mata pelajaran. Keterampilan-keterampilan ini termasuk: Synergistic Collaboration, Creativity & Innovation, Audience-Centered Communication, Expert thinking, Adaptability & Agility, Metalevel Reflection, Ethical Leadership, dan Empathetic Social Skills.

 

Sustainable Innovation Fair (SIF) merupakan acara tahunan yang dimulai pada tahun 2020. Tujuan utamanya adalah membantu siswa K–12 mengasah keterampilan berpikir ke depan dan pemecahan masalah dengan menggunakan desain berpikir sebagai proses inovasi. Acara ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang keberlanjutan dengan menyediakan platform bagi siswa untuk berlatih dan meningkatkan keterampilan berpikir ahli, kreativitas, dan inovasi mereka. Selama acara tersebut, siswa didorong untuk menjelajahi masalah-masalah ilmu pengetahuan dunia nyata melalui design thinking, seperti magnetisme, dampak lingkungan, dan sistem tata surya. Siswa mengembangkan solusi kreatif dan terus memantau pembelajaran mereka dengan bertanya pertanyaan yang dipikirkan dengan baik seperti 'Mengapa masalah yang saya pilih penting?', 'Bagaimana saya bisa mencari ide lain?', 'Mengapa saya memilih ide ini?' dan 'Apa yang bisa saya lakukan dengan berbeda?'.

 

Sustainable Innovation Fair merupakan kesempatan yang menarik bagi siswa untuk memamerkan bakat mereka dan memberikan dampak positif bagi planet ini. Acara ini diakhiri dengan pameran proyek, di mana siswa mempresentasikan ide-ide mereka dalam berbagai format, memupuk kolaborasi dan pembelajaran. Mereka didorong untuk merancang solusi yang dapat digunakan kembali dan efisien energi serta meminimalkan dampak lingkungan mereka. Melalui acara ini, siswa dapat mengembangkan pemikiran kritis, pemahaman ilmiah, dan inovasi, semua sambil tetap memperhatikan keberlanjutan.

 

Sekolah HighScope Indonesia memecahkan hal baru tahun ini dengan mengintegrasikan otomasi dan robotika ke dalam pelajaran sains untuk siswa kelas 8–9. Proyek terobosan ini kini menjadi bagian dari kurikulum. Tujuannya adalah membantu siswa menerapkan pemahaman mereka tentang listrik dan elektromagnetisme untuk menciptakan solusi otomatis untuk memecahkan masalah yang mereka hadapi dalam kehidupan sehari-hari. Siswa juga menerapkan keterampilan yang mereka pelajari dari mata pelajaran literasi digital untuk membuat pernyataan kondisional kompleks untuk mengkodekan solusi otomatis mereka. Contoh dari solusi otomatis ini termasuk pintu otomatis untuk rumah pensiun, robot pembantu di apotek, otomatisasi air keran, sistem penyiraman tanaman, dan prosedur evakuasi. Menurut para ahli, robotika pendidikan berfungsi sebagai alat transformasional untuk pembelajaran berbagai hal; computational thinking, coding, dan engineering. Menurut Amy Eguchi, Ph.D. (Profesor Asosiasi Pendidikan dari Bloomfield College, Amerika Serikat), robotika pendidikan adalah elemen penting dari pembelajaran STEM dalam pendidikan K–12, dan dengan popularitas yang terus meningkat, harus terintegrasi dengan baik sebagai alat pembelajaran teknologi dalam pembelajaran di kelas sehari-hari.

 

Hasil dari proyek terintegrasi ini luar biasa. Orang tua terkesan dengan kolaborasi kelompok siswa yang sangat baik, ketekunan dalam mengatasi rintangan, dan solusi praktis dan inovatif yang mereka hasilkan. "Saya senang melihat bahwa siswa belajar robotika tidak hanya untuk pengetahuan itu sendiri tetapi juga untuk bagaimana robotika dapat memberikan solusi terhadap masalah." Kata Ony Serodja Hafiedz, orang tua dari dua siswa Sekolah HighScope Indonesia, saat menghadiri Sustainable Innovation Fair di Sekolah HighScope Indonesia TB. Simatupang. "Putra saya Ale, bersama dengan teman-temannya, membuat tempat sampah dengan sensor otomatis. Jadi, masalah yang mereka lihat adalah kebersihan dan kesehatan—bagaimana cara membuang sampah dengan cara yang lebih higienis untuk mengurangi penyebaran bakteri dan virus." Ridho Hafiedz, seorang musisi ternama dan orang tua dari dua siswa Sekolah HighScope Indonesia, menambahkan, "Belajar robotics bukanlah sesuatu yang baru, tetapi saya paling terkesan dengan bagaimana robotika diterapkan sehingga anak-anak saya dapat mengidentifikasi masalah-masalah kehidupan nyata dan mengajukan solusi yang relevan. Menurut saya, untuk siswa SMP bisa memiliki pola pikir seperti itu sudah sangat keren."

 

Siswa juga sangat antusias dengan proyek ini, dengan satu siswa, Ariefandi (Kelas 9), berkomentar, "Bagian yang menurut saya paling menarik adalah belajar cara menggunakan sirkuit breadboard, membuat robot, dan menggabungkan kedua hal yang telah saya pelajari." Siswa lainnya, Radiktya (Kelas 8), terkesan dengan konsep robotika dan otomasi, mengatakan, "Saya selalu ingin melihat bagaimana robotika bekerja ketika saya masih kecil." Proyek ini juga membantu siswa terlibat dengan pengkodean dan otomasi, dengan satu siswa, Carrisa (Kelas 8), mengatakan bahwa bagian paling menarik adalah "Saat kita menjelajahi kode untuk bisa menerapkan otomasi dalam produk." Sustainable Innovation Fair diadakan setiap tahun di semua Sekolah HighScope Indonesia dengan program Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menengah Atas di seluruh Indonesia. Pendekatan pendidikan inovatif Sekolah HighScope Indonesia dan komitmennya terhadap keunggulan dalam pengajaran telah menjadikannya institusi terkemuka di Jakarta. Dedikasi sekolah ini dalam menyediakan pengalaman belajar yang praktis dan menarik telah membantu siswa mengembangkan keterampilan hidup yang penting dan mempersiapkan mereka menghadapi tantangan masa depan.

Share
OTHER EVENTS
Memperkuat Semangat CINTA INDONESIA Melalui Perayaan HUT ke-75...
PEMENANG KOMPETISI ESAI
WORLD SCHOLAR'S CUP - TOURNAMENT OF CHAMPION