June 26 2019
Drama Musikal Directors Cut: A Disney Musical Adventure

Drama Musikal Directors Cut: A Disney Musical Adventure

Ada yang menarik di penghujung tahun ajaran sekolah HighScope Indonesia TB. Simatupang kali ini. Pada akhir tahun ajaran 2018/2019 ini siswa-siswi program high school yang tergabung dalam club HighScope Performing Art (HSPA) mengadakan pertunjukan drama musical bertajuk ‘Directors Cut: A Musical Disney Adventure’. Tema Disney dipilih dengan pertimbangan cerita-cerita Disney banyak dikenal dan disukai berbagai usia. “Awalnya kami ingin mengadopsi tema Broadway, tetapi sepertinya tidak begitu banyak orang yang mengenal cerita-cerita broadway jadi kami memilih tema Disney yang lebih familiar” begitu penjelasan dari Najla, salah seorang siswa anggota club HSPA. Pertunjukan yang diadakan di ruang Black Box Theatre Sekolah HighScope Indonesia TB. Simatupang ini merupakan drama musikal yang secara mandiri dilaksanakan oleh siswa anggota club HSPA. Siswa-siswi program high school di HighScope memang sudah terbiasa menjalankan kegiatan secara mandiri karena pelaksanaan kegiatan club/ekstrakulikuler pun dijalankan oleh siswa secara mandiri, sekolah memberikan support berupa konsultasi dan supervisi. 

Acara ini merupakan acara drama musical pertama yang diadakan oleh club HSPA dalam skala besar dan terbuka bagi penonton dari luar. Penjualan tiket acara ini dilakukan secara offline dan online melalui ticket.com. “Mereka mempersiapkan segala sesuatunya sendiri secara mandiri dan pihak sekolah memberikan supervisi”, begitu penjelasan dari Eva Tantri, Kepala Sekolah SMA HighScope Indonesia. Dengan antusias mereka mempersiapkan segala sesuatunya sendiri dari mulai ide cerita, skenario, koreografi, kostum, music, seting panggung, sampai dengan mencari sponsor untuk pendanaan mereka lakukan sendiri dengan dibantu konsultasi dengan mentor Bahasa inggris dan vokal. “Kebetulan kami memiliki anggota club yang memang sudah terbiasa terjun di dunia teater, saat ini ada sekitar 40 siswa yang tergabung dalam club HSPA dan setiap anggota sudah dibagi tugas masing-masing” begitu kata Rara, salah satu siswa pendiri club HSPA. Club HSPA yang baru saja didirikan tahun lalu Ini berdiri atas dasar inisiatif dari beberapa orang siswa yang memiliki minat dalam pertunjukan teater. 

Pertunjukan drama musical berdurasi 2 jam ini bercerita tentang sekelompok siswa yang sedang berdiskusi menentukan cerita yang akan mereka pilih untuk pertunjukan yang akan mereka gelar. Ide cerita-cerita Disney bermunculan sampai mereka kebingungan untuk memilih salah satu cerita dan akhirnya mereka memutuskan untuk menggabungkan seluruh cerita-cerita Disney tersebut. Mereka mengadopsi cerita-cerita populer karya Disney seperti Beauty and the Beast, Rapunzel, Aladdin, Mulan, Pocahontas, dan Princess and the Frog. Dalam pertunjukan ini mereka menunjukan bakat mereka bermain peran sambil menyanyi sekaligus menari. Seluruh dialog dilakukan dalam Bahasa Inggris dan tanpa lipsync. Para siswa melakukan persiapan untuk pertunjukan ini selama sekitar 4 bulan diawali dengan audisi yang terbuka bagi seluruh siswa program high school Sekolah HighScope Indonesia TB.Simatupang. 

Pertunjukan drama musical berbahasa inggris ini berjalan dengan sukses terlihat dari sambutan dan antusiasme penonton yang hadir. “Kami berharap penonton dapat menikmati pertunjukan ini dan melihat keseriusan minta kami dalam bidang performing art”, ujar Rara. Melihat kesuksesan pertunjukan ini, para siswa berencana akan mengadakan pertunjukan serupa dengan tema yang berbeda di tahun depan. Bahkan mereka akan mempersiapkan pertunjukan yang akan datang dengan waktu persiapan yang lebih panjang sehingga hasilnya akan lebih maksimal lagi. “Harapan kami, club ini dapat terus bertahan dan memberikan yang terbaik” tambah Rara lagi. Kira-kira seperti apa ya pertunjukan selanjutnya? Mari kita tunggu kreativitas mereka di tahun depan.

Share
OTHER EVENTS
Memperkuat Semangat CINTA INDONESIA Melalui Perayaan HUT ke-75...
PEMENANG KOMPETISI ESAI
WORLD SCHOLAR'S CUP - TOURNAMENT OF CHAMPION