July 10 2019
HighScope Indonesia Mendefinisikan Keterampilan Akademik untuk Pendidikan Abad 21

“HighScope Indonesia Mendefinisikan Keterampilan Akademik  untuk Pendidikan Abad 21” 

Jakarta, 22 Mei 2019 - Dalam rangka melanjutkan peran aktif HighScope Indonesia dalam  mengembangkan sistem pendidikan di Indonesia serta dalam rangka memberikan  pemahaman dan wawasan baru kepada rekan-rekan praktisi pendidikan maupun orangtua  murid, HighScope Indonesia mengundang Thomas R. Guskey, Ph.D, seorang pakar  pendidikan di bidang penilaian (assessment) dari Amerika Serikat. Pada kesempatan ini  HighScope Indonesia menggelar parents workshop bertajuk “Is My Child’s School Academic  Enough?” pada hari Rabu, 22 Mei 2019 dan bertempat di Black Box Theater, Sekolah  HighScope Indonesia TB SImatupang. Parents Workshop ini bertujuan untuk memperluas  pengetahuan orangtua murid mengenai keterampilan akademik, yang sebelumnya  tradisional, menjadi keterampilan akademik yang dibutuhkan untuk sukses di abad 21. 

Dalam kesempatan yang sama HighScope Indonesia melihat adanya kebutuhan untuk  mendefinisikan keterampilan akademik yang sesuai dengan perkembangan zaman.  “Academic skills as the ability to grasp the knowledge taught in school to be processed  scientifically and creatively using executive function of the brain and the ability to present  essential understanding clearly and logically.” HighScope Indonesia meyakini bahwa keterampilan akademik tidak hanya sebagai keterampilan membaca, menulis, berhitung,  dan mendapatkan nilai baik dalam ujian, namun sebagai kemampuan anak untuk  menangkap pengetahuan yang diajarkan di sekolah, dan diproses secara ilmiah dan kreatif  oleh fungsi eksekutif otak; serta kemampuan untuk mengkomunikasikan esensi  pengetahuan dengan jelas dan logis. 

Persepsi umum mengenai keterampilan akademik, sebagian besar berkaitan dengan kinerja  dan nilai akademik. Sebenarnya keterampilan akademik tidak hanya kinerja akademik tetapi  juga soft skills. Dunia kerja masa depan membutuhkan individu yang memiliki keterampilan  akademik yang kuat. Oleh karena itu, sekolah harus mempersiapkan siswa untuk mengembangkan keterampilan akademik siswa. Namun, keterampilan akademik seperti apa  sebenarnya dan bagaimana sekolah harus mengembangkan keterampilan akademik siswa?  Apa yang sebenarnya kita ketahui tentang kinerja dan keterampilan akademik? Mengapa  kinerja dan keterampilan akademik diperlukan untuk anak-anak? Apa dampak dari  pengembangan kinerja dan keterampilan akademik untuk masa depan anak-anak? Apa yang  dilakukan oleh sekolah yang baik, untuk mengembangkan keterampilan akademik anak?  Bagaimana kita sebagai orangtua dapat membantu anak-anak kita mengasah potensi  akademis mereka? Pertanyaan-pertanyaan inilah yang dijawab dan dijelaskan oleh Thomas  R. Guskey, Ph.D dalam Parent Workshop kali ini.

Thomas R. Guskey, Ph.D adalah Profesor Emeritus di College of Education University of  Kentucky dan Senior Research Scholar. Beliau adalah penulis/ editor 24 buku pemenang  penghargaan dan lebih dari 250 bab buku, artikel, dan makalah profesional tentang  educational measurement, evaluation, assessment, grading, dan professional learning.  Beliau akan memberikan edukasi secara umum mengenai persepsi, perkembangan, dan  relevansi dari keterampilan akademik, yang selama ini dibatasi definisinya sebagai  kemampuan dan kemahiran dalam bidang akademik yang ada pada pendidikan formal dan  skills yang disyaratkan di universitas & dunia kerja saat ini dan masa depan. Melalui kegiatan  ini, diharapkan para orangtua murid mendapatkan wawasan baru terhadap persepsi  akademik itu sendiri dan tuntutan akademik yang disyaratkan oleh universitas maupun  dunia kerja. HighScope Indonesia telah bekerja sama dengan Thomas Guskey sejak 2014  dalam mengembangkan sistem penilaian dan pelaporan di sekolah HighScope Indonesia.  

Share
OTHER EVENTS
Memperkuat Semangat CINTA INDONESIA Melalui Perayaan HUT ke-75...
PEMENANG KOMPETISI ESAI
WORLD SCHOLAR'S CUP - TOURNAMENT OF CHAMPION