YAYASAN PENELITIAN PENDIDIKAN HIGHSCOPE

Pada 1962, David Weikart, melalui Perry Preschool Project yang ia prakarsai, menemukan bahwa untuk meningkatkan kesuksesan dan peran serta anak di masa depan, baik di keluarga maupun masyarakat, diperlukan pelaksanaan program prasekolah berkualitas tinggi. Temuan tersebut kemudian mendorongnya mendirikan HighScope.

Program yang dimaksud oleh Weikart menjadi semakin relevan, terutama karena kini adalah era globalisasi. Program tersebut mempersiapkan anak dalam menghadapi era globalisasi dengan menerapkan pembelajaran aktif dan konstruktivisme progresif.

Bermula di Amerika Serikat, HighScope telah berkembang di tingkat global dan menyebarkan nilai-nilai maupun kurikulumnya ke negara-negara lain:

Indonesia – Irlandia – Meksiko – Belanda – Inggris Raya – Portugal – Kanada – Cina – Chili – Peru – Afrika Selatan – Korea

 

HIGHSCOPE DI INDONESIA

Babak HighScope di Indonesia dimulai pada 1996 dengan delapan siswa di Pondok Indah. Tujuh belas tahun kemudian, HighScope telah berkembang menjadi 11 kampus dengan jumlah siswa melebihi 3.000.

 

HIGHSCOPE INDONESIA INSTITUTE

HighScope Indonesia Institute berupaya mempromosikan HighScope di seluruh Indonesia. Tujuan tersebut dilakukan melalui beberapa cara:

  • Program pengembangan guru

  • Memastikan kualitas dalam pelatihan dan praktik

  • Menyediakan layanan yang relevan untuk setiap lokasi

  • Mengembangkan materi pelatihan

  • Mengembangkan kurikulum pendidikan sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan sekolah menengah atas dengan menggunakan pendekatan HighScope.

Tujuan didirikannya HighScope Indonesia pada 2000 adalah untuk memudahkan penggunaan pendekatan HighScope yang sangat efektif secara nasional. Kehadiran HighScope juga merupakan respons terhadap meningkatnya kesadaran dan kebutuhan masyarakat akan sistem pendidikan yang memandang pendidikan akademis maupun pendidikan karakter sebagai dua hal yang sama pentingnya. Ini terjadi setelah program prasekolah yang dilaksanakan pertama kali menuai kesuksesan, dan berhasil memperlihatkan hasil yang nyata kepada para orang tua yang mengikutkan anak-anak mereka ke dalam program tersebut.