HighScope Indonesia Mengabdi (HighScope Indonesia Serves)

Kami percaya bahwa pendidikan sesungguhnya tidak terbatas. Oleh karena itu, berbagi pengetahuan tentang pendidikan berkualitas tinggi dan pendidikan efektif dengan sekolah-sekolah lain telah menjadi bagian dari tanggung jawab sosial HighScope Indonesia. Kami memprioritaskan sekolah-sekolah tingkat menengah ke bawah yang karena sejumlah keterbatasan mengalami hambatan pada perkembangannya. Harapan kami adalah membantu meningkatkan kualitas sekolah-sekolah tersebut dalam mendidik generasi penerus bangsa. Kegiatan yang kami lakukan meliputi:

  • Pelatihan guru

  • Pengembangan fasilitas sekolah

  • Manajemen sekolah

  • Program kewirausahaan di sekolah-sekolah kejuruan

  • Mengadakan pertemuan untuk guru-guru sekolah negeri

  • Adaptasi Sekolah

Memperkenalkan salah satu program kemitraan kami; Program Sekolah Asuh (School – Care Program).

Paradigma pendidikan di Indonesia sudah sepatutnya mengikuti perkembangan zaman. Oleh karena itu, tujuan program ini adalah untuk memicu kesadaran semua pemangku kepentingan terkait kenyataan tersebut. Langkah-langkah yang kami ambil guna mewujudkan harapan itu adalah dengan mendukung sekolah-sekolah dalam mengembangkan kualitas sumber daya manusia mereka. Kami mengutamakan sejumlah aspek, seperti kepemimpinan kepala sekolah, keterampilan mengajar guru, dan pengayaan media pembelajaran.

Program Sekolah Asuh (The School Care Program) HighScope Indonesia sedang membangun kemitraan dengan berbagai sekolah berikut :

  • Pendidikan Anak Usia Dini

  • Sekolah Negeri (SD sampai SMA)

  • Sekolah Menengah Kejuruan Negeri

  • Sekolah untuk anak-anak penyandang cacat

Sekar Mekar

ypac

vci

Program ini bertujuan menyulut kesadaran dari pihak-pihak terkait; bahwa paradigma pendidikan di Indonesia perlu diubah agar bisa beradaptasi dengan perubahan zaman.

Di HighScope, kami telah menganalisis bahwa Kurikulum 2013 yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menekankan pembelajaran terpadu. Sangat disayangkan bahwa kurikulum tersebut tidak dapat diterapkan secara benar oleh banyak sekolah. Beberapa penyebabnya adalah kualitas alat manajemen dan sumber daya manusia yang rendah. Kepala sekolah dan guru tidak diberi sistem pelatihan yang diperlukan untuk mendukung peran mereka dalam kurikulum – yang tentu saja sangat penting.

HighScope Indonesia Mengabdi (HighScope Indonesia Serves) menyoroti kemampuan dan pengalaman kami dalam kurikulum berbasis kompetensi dan pembelajaran terpadu. Dengan menerapkan kurikulum tersebut, kami yakin kualitas alat manajemen dan sumber daya manusia akan meningkat dan mengarah ke tujuan akhir, yaitu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.