T : Apa itu HighScope Curriculum?

J: HighScope Indonesia adalah Sekolahi Perjanjian Kerjasama (SPK), karena HighScope Indonesia menerapkan Kurikulum Nasional yang terintegrasi dengan Kurikulum HighScope. Pendekatan pendidikan HighScope menekankan "pembelajaran aktif." Pembelajaran aktif berarti siswa memiliki pengalaman langsung dan langsung dengan orang, objek, kejadian, dan gagasan. Minat dan pilihan anak menjadi perhatian utama program HighScope.

SHI memfokuskan pada proses pembelajaran, ketimbang sekedar melihat hasilnya. Karena itulah kegiatan menghapal dan ulangan yang rutin bukanlah cara kami mendidik siswa. Siswa kami biasakan untuk berpikir, memahami, mengerti, mengatur, dan memimpin, agar mereka siap menghadapi tantangan abad ke-21.

Untuk mencapai tujuan jangka panjang ini, siswa diajarkan untuk berlatih menggunakan kemampuan yang diperlukan untuk menjadi pembelajar seumur hidup.

Students apply these skills in the subject taught, as well as in the Plan-Do-Review, during which students undertake projects that are initiated, planned, carried out, presented and reviewed by students.

ES_long-term objective-02

Siswa menerapkan keterampilan ini dalam mata pelajaran yang diajarkan, dan juga dalam Plan-Do-Review, di mana siswa mengerjakan proyek yang dimulai, direncanakan, dilaksanakan, dipresentasikan dan ditinjau oleh siswa.

T : Bagaimana pembelajaran dilakukan di SMA HighScope?

J: Untuk mendapatkan pengalaman seperti di universitas sejak tahun-tahun awal, SMA HighScope menerapkan Sistem Kredit. Kredit dihitung dalam satuan unit. Jumlah kredit yang diambil mempengaruhi jadwal harian siswa, sehingga siswa bisa melatih perencanaan, melaksanakan perencanaan, dan bersama dengan pembimbing akademik , meninjau dan mendapatkan dukungan agar siswa bisa menjalani system kredit dengan baik. Kami menawarkan sistem kredit ini dalam kurikulum. Satu unit mewakili sekitar 200 menit per minggu untuk satu tahun ajaran. Dengan kata lain, ketika seorang siswa mengambil satu kursus selama 200 menit per minggu untuk satu tahun akademik, ini setara dengan satu kredit. Setiap mata pelajaran menawarkan pujian bagi siswa yang mengambil pelajaran itu. Ketiga jenis kredit tersebut adalah:

  • 0,5 kredit untuk 1 semester

  • 0,5 kredit untuk 1 tahun akademik

  • 1 kredit untuk 1 tahun akademik

 

T : Bahasa apa yang digunakan dalam program SMA Sekolah HighScope Indonesia?

J: SHI mengadopsi program Dual Language.  Program ini memberikan kesempatan pada siswa untuk menggunakan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dalam konteks akademis dan sosial. Dengan pendekatan yang bersifat “additive bilingual” ini, kami menghormati dan mendukung berkembangnya bahasa pertama siswa.

Tujuan utama dari dual language adalah penguasaan kedua bahasa yang mumpuni. Siswa diberikan kesempatan untuk mengembangkan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris secara simultan. Mereka mengembangkan kemampuan bahasa, termasuk bahasa sosial, mereka dalam lingkungan akademis. Karena itulah diberlakukan “Bahasa Hari Ini”, di mana bahasa Indonesia dan Inggris digunakan secara bergantian setiap harinya . Guru dan orang tua pun diwajibkan untuk mengikuti ketentuan berbahasa ini.

 

T: Jurusan apa saja yang di tawarkan di SMA HighScope?

J: Kami mengklasifikasikan jurusan ke dalam tiga program studi:

  • Matematika dan Ilmu Pengetahuan (Math and Science)

  • Ilmu humaniora (Technical and Performing Arts)

  • Bisnis dan Teknologi Informasi (Business and Information Technology)

 

 

T : Apakah ada kegiatan ektra kurikuler di SMA HighScope?

J: Klub mahasiswa adalah organisasi yang dibentuk dan dikelola oleh siswa untuk tujuan yang sama. Salah satu tujuannya adalah memberikan kesempatan siswa mengeksplorasi dan meningkatkan bakat potensial mereka sesuai minat dan spesialisasi mereka. Sangat penting untuk  bergabung di  klub,  agar siswa dapat  mengembangkan keterampilan kepemimpinan dan organisasinya.

Siswa mengatur aktivitas klub pada hari Rabu atau setelah jam sekolah. Pada akhir setiap semester, siswa mengorganisir sebuah pertunjukan untuk menunjukkan talenta mereka di depan penonton.

Siswa harus berpartisipasi dalam minimal dua jenis aktivitas klub, dengan durasi minimal 2 semester selama mereka di SMA HighScope. Selain itu siswa juga diharuskan untuk melakukan presentasi secara  formal mengenai kegiatan klub kepada Tim Kepemimpinan Sekolah pada awal tahun ajaran.

 

T: Apakah siswa diwajibkan mengikuti Ujian Nasional? Dan, bagaimana HighScope mempersiapkan siswa untuk Ujian Nasional?

J: Peraturan Pemerintah mewajibkan seluruh warga negara Indonesia untuk mengikuti Ujian Nasional. Oleh karena itu, HighScope Indonesia School menyediakan "Bimbingan Belajar" untuk mempersiapkan siswa kelas 6, 9 dan 12 menghadapi Ujian Nasional. Bimbingan Belajar ini diadakan selama 9 bulan dua kali seminggu setelah jam sekolah.

 

T : Apa acara sekolah yang mendukung siswa dalam pembelajaran kehidupan nyata?

J: Di HighScope kami percaya bahwa siswa harus belajar sesuatu yang berhubungan dengan pengalaman hidup nyata. Kami mengadakan acara & mata pelajaran seperti: Model United Nations & Virtual Enterprises.

Model United Nations, atau MUN adalah simulasi akademis dari Konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa dimana peserta mewakili delegasi dari berbagai negara, untuk mengatasi isu-isu dunia saat ini.

Model HighScope United Nations (HSMUN) adalah acara konferensi berskala tahunan Model United Nations yang diadakan oleh Sekolah HighScope Indonesia TB Simatupang. Pertama kali diadakan di tahun 2009, HSMUN adalah kegiatan MUN pertama di tingkat SMA di Indonesia.

Yang berikutnya, Virtual Enterprises, adalah kursus bisnis simulasi dimana siswa belajar bisnis dengan menjalankan bisnis mereka sendiri di jaringan virtual. Mata pelajaran ini adalah mata kuliah inti dalam Bisnis dan Teknologi Informasi dan pilihan untuk Matematika dan Sains & Ilmu Humaniora (Technical and Performing Arts ).

Dari siswa ini belajar lebih dalam tentang isu terkini dan memelihara soft skill, seperti kolaborasi, komunikasi, tulisan dan kepemimpinan. Mereka belajar berkompetisi dengan siswa SMA lainnya dari sekolah nasional dan internasional.