T: Apakah HighScope Curriculum?

J: Pendekatan pendidikan HighScope menekankan pada "pembelajaran aktif." Pembelajaran aktif berarti siswa memiliki pengalaman langsung dengan guru (orang), objek, kejadian, dan gagasan. Minat dan pilihan anak menjadi perhatian utama di program HighScope. Mereka membangun pengetahuan mereka sendiri melalui interaksi dengan dunia dan orang-orang di sekitar mereka. Anak-anak mengambil langkah pertama dalam proses belajar dengan membuat pilihan dan mengikuti rencana dan keputusan mereka. Guru, pengasuh, dan orang tua menawarkan dukungan fisik, emosional, dan intelektual. Dalam pengaturan pembelajaran aktif, orang dewasa memperluas pemikiran anak-anak dengan beragam materi dan interaksi pengasuhan. Dengan ‘scaffolding’, orang dewasa membantu anak mendapatkan pengetahuan dan mengembangkan keterampilan pemecahan masalah yang kreatif.

HighScope menggunakan istilah ‘scaffolding’ untuk menggambarkan proses di mana orang dewasa mendukung dan pelan-pelan memperluas pemikiran dan penalaran anak-anak. ‘Scaffolding’ adalah istilah yang diperkenalkan oleh psikolog perkembangan Jerome Bruner dan berdasarkan psikolog Lev Vygotsky. Vygotsky merujuk pada zona perkembangan proksimal sebagai area antara apa yang dapat dicapai anak-anak mereka sendiri dan apa yang dapat mereka lakukan dengan bantuan orang dewasa atau anak lain yang lebih maju perkembangannya. Guru HighScope dengan hati-hati mengamati anak-anak sehingga mereka tahu kapan dan bagaimana memasuki zona ini. Anak harus aman dan percaya diri dengan apa yang sudah mereka ketahui sebelum mereka siap untuk pindah ke tingkat berikutnya. Ketika HighScope mengatakan bahwa orang dewasa mendukung dan memperluas pembelajaran anak-anak, itu berarti orang dewasa pertama memvalidasi, atau mendukung, apa yang sudah diketahui anak-anak, dan kemudian, kapan waktunya tepat, dengan lembut mendorong mereka untuk memperluas pemikiran mereka ke tingkat berikutnya.

 

T: Apa yang membuat metode HighScope berbeda?

J: Pendekatan pendidikan HighScope konsisten dengan praktik terbaik yang direkomendasikan oleh Asosiasi Nasional untuk Pendidikan Anak Muda (NAEYC), dan pedoman untuk program berbasis perkembangan.

Dengan ini, HighScope memiliki fitur unik yang membedakannya dari program anak usia dini lainnya. Salah satunya adalah urutan plan-do-review sehari-hari. Penelitian menunjukkan bahwa perencanaan dan review adalah dua komponen program yang paling positif dan signifikan dikaitkan dengan skor anak pada ukuran kemajuan perkembangan.

Keunikkan yang kedua adalah konten kurikulum kami, social, intelektual, dan fisik yang penting bagi pertumbuhan optimal anak-anak. Kurikulum HighScope terdiri dari delapan kategori utama: (1) Pendekatan Pembelajaran; (2) Pengembangan Sosial dan Emosional; (3) Pembangunan Fisik dan Kesehatan; (4) Bahasa, Literasi, dan Komunikasi; (5) Matematika; (6) Seni Rupa; (7) Sains dan Teknologi; dan (8) Ilmu Sosial.

 

T: Apakah persyaratan menjadi guru HighScope?

J:   Persyaratannya adalah:

  1. Suka & memiliki ketertarikan untuk mengajar anak kecil

  2. Mempunyai gelar S1

  3. Mahir berbahasa Inggris baik lisan & tulisan

  4. Lulus tes psikologis HighScope

  5. Lulus observasi kelas

  6. Lulus wawancara dengan kepala sekolah

  7. Lulus tes kesehatan

  8. Lulus program pelatihan guru HighScope 6 minggu

 

T: Apakah ada kelas yang hanya 3 kali seminggu? Karena anak saya tidak siap sekolah 5 hari seminggu?

J: Di HighScope kami menerapkan metode pembelajaran yang menyenangkan & pembelajaran aktif. Kita belajar melalui bermain, bernyanyi, menari & seni, sehingga siswa akan menikmati waktu mereka di sekolah. Kami percaya bahwa konsistensi dalam rutinitas sehari-hari itu penting. Dengan lima hari dalam seminggu proses penyesuaian anak dengan teman, guru dan lingkungan sekolah lebih cepat.

 

T: Bagaimana HighScope menilai anak-anak?

J: HighScope menilai perkembangan anak-anak dengan pengamatan komprehensif dengan menggunakan COR Advantage, alat penilaian anak yang mencakup anak usia dini sampai dengan usia prasekolah. Dengan mengamati berbagai perilaku selama beberapa minggu atau bulan dapat memberikan guru gambaran yang lebih akurat tentang kemampuan anak-anak daripada tes yang diberikan dalam sesi satu kali. Dengan menggunakan area konten sebagai kerangka kerja, guru mencatat anekdot harian yang menggambarkan apa yang anak-anak lakukan dan katakan. Empat kali setahun, mereka meninjau ulang anekdot ini dan menilai setiap anak pada tingkat tertinggi yang telah ditunjukkannya sejauh ini pada 34 item di delapan bidang pembangunan: Pendekatan untuk Belajar; Perkembangan Sosial dan Emosional; Pembangunan Fisik dan Kesehatan; Bahasa, Literasi, dan Komunikasi; Matematika; Seni Rupa; Ilmu pengetahuan dan teknologi; dan Ilmu Sosial - ditambah 2 item untuk Belajar Bahasa Inggris. Nilai COR Advantage anak membantu guru merancang kesempatan belajar yang disesuaikan dengan tingkat perkembangan mereka. Keuntungan COR juga digunakan untuk menjelaskan kemajuan anak kepada orang tua selama konferensi berlangsung. HighScope tidak hanya memberi nilai abstrak kepada orang tua, para guru berbagi anekdot yang menggambarkan apa yang anak-anak mereka lakukan sekarang dan bagaimana mereka akan terus bertambah.

 

T: Usia berapa anak saya bisa bersekolah di HighScope?

J:

Kelas Early Preschool:

Seorang anak diterima di kelas early preschool jika ia telah mencapai usia 18 bulan (1 tahun dan 6 bulan)

Kelas Preschool:

Seorang anak diterima dalam kelas preschool jika dia telah mencapai usia 30 bulan (2 tahun dan 6 bulan) pada tanggal 31 Juli tahun ajaran yang itu.

 

T: Jam berapakah waktu sekolah di program Early Childhood?

 

ECEP Schedule-02

 

T: Bahasa apa yang digunakan di program Early Childhood HighScope?

J: Bahasa yang digunakan di program Early Childhood - HighScope adalah bahasa Inggris.

 

T: Apakah anak saya harus membawa makanan ke sekolah?

J: Sekolah menyediakan makanan bergizi setiap hari untuk siswa. 

Kami selalu memastikan bahwa setiap anak dilayani dengan benar. Anak diberi kesempatan untuk mengembangkan keterampilan self-help mereka melalui makanan. Anak-anak tidak dipaksakan untuk makan lebih banyak jika mereka tidak mau.

Karena kami menyediakan makanan ringan bergizi, kami mendorong anak-anak untuk tidak membawa barang berikut ini:

  • Minum - selain susu formula atau air

  • Makanan

  • Permen atau cemilan lainnya

 

T: Bagaimana jika anak saya alergi terhadap makanan tertentu?

J: Jika anak Anda memiliki diet atau alergi khusus, bisa mengisi formulir rekam medis pada paket pendaftaran & informasikan juga kepada guru anak Anda atau administrasi sekolah.

Kami akan memberikan menu yang berbeda untuk anak-anak yang memiliki alergi atau sedang diet khusus.

 

T : Ini adalah pertama kalinya anak saya masuk sekolah. Bagaimana jika anak saya tidak ingin saya pergi?

J: Awal sekolah adalah saat yang emosional, penuh antisipasi terhadap teman baru, harapan untuk belajar ceria, dan ketakutan akan penyesuaian anak Anda.

Kecemasan pemisahan adalah reaksi normal yang dirasakan kebanyakan orang pada satu waktu atau lainnya. Setiap anak mengungkapkan perasaan ini dengan cara yang berbeda.

Perlu diketahui bahwa pemisahan dari rumah dan menyesuaikan diri dengan lingkungan baru merupakan bagian vital untuk mandiri. Anak-anak membutuhkan pemahaman dan dukungan kita saat mereka melakukan langkah-langkah ini.

Di HighScope guru kami dilatih untuk menangani kecemasan perpisahan. Berdasarkan pengalaman kami setiap anak unik dalam melewati situasi ini. Waktunya bervariasi. Untuk mendukung anak, guru kami akan memastikan bahwa perasaan anak sepenuhnya diakui. Kita juga membutuhkan kolaborasi orang tua sehingga kecemasan perpisahan ini akan berjalan lancar.