Hold Prog

MERASAKAN PENGALAMAN YANG BERBEDA DI HOLIDAY TRIP 2018

Ada yang  berbeda dari program Holiday Trip tahun ini. Untuk liburan kemarin sekolah berinisiatif mengusung tema Experience Learning, dimana sebagian besar kegiatannya bersifat praktis dan dilakukan di luar ruangan. Dengan begitu, selain agar tak bosan, Holiday Trip ini diharapkan juga bisa jadi salah satu kegiatan yang melatih anak belajar secara lebih aktif dan kolaboratif bersama teman-teman lintas kelas dan usia.

“Tiap tahun kita angkat tema yang berbeda dan kali ini kita usung experience learning. Jadi bagaimana anak-anak bisa bersenang-senang, beraktifitas di dalam dan di luar kelas tapi juga belajar pada saat yang sama”, terang Iko Septo Nugroho, wakil kepala sekolah Elementary Program.

 

Setiap Hari Pasti Beda

Program Holiday Trip untuk Elementary Program kali ini dilaksanakan selama lima hari, yaitu pada 9-13 Juli kemarin dengan beberapa lokasi menarik yang sekaligus bisa menawarkan kepada anak tentang beberapa referensi bidang yang dapat pilih kelak saat mereka tumbuh dewasa. Jadi, setiap harinya anak-anak mendapat pengalaman yang berbeda dan menyenangkan.

Hari pertama dilakukan perkenalan, menceritakan hopes and dreams di kelas masing-masing yang dilanjutkan dengan tim building secara lintas usia dan kelas. Praktek kerjasama tim ini dilakukan melalui beragam permainan. “Harapannya mereka bisa saling mengenal dan cukup bisa solid sehingga dalam berkegiatan selanjutnya mereka bisa lebih nyaman dan asyik”, tambah Iko.

Mulai hari kedua hingga hari keempat, semua aktivitas dilakukan di luar kelas. “Inilah yang kami sebut experience learning”, jelas Iko. Pada hari kedua anak-anak diajak berkunjung ke SkyWorld TMII. Sabine, salah satu anak kelas empat, mengungkapkan, “Kita ke planetarium trus nonton 5D Cinema. Capek sih tapi seneng. Terus aku juga bisa belajar tentang tata surya dan jadi tau nama-nama planet”.

Hari berikutnya, anak-anak memasuki dunia musik di Music Studio Pondok Indah. Mereka memainkan berbagai alat musik seperti piano, gitar dan drum. Berbagai lagu anak-anak lokal maupun yang berbahasa inggris juga mereka nyanyikan bersama.

Keseruan yang berbeda terus berlanjut di keesokan harinya, saat anak bermain di alam di Lubana Sengkol, Kota Tangerang. Selain main outbond, mereka diperkenalkan dengan pengalaman bersentuhan dengan lumpur, seperti menanam padi dan menangkap ikan. Bagi rata-rata mereka, hal ini merupakan pengalaman pertama dan mereka sangat menikmatinya.

Selanjutnya, tema makanan populer menjadi acara pilihan penutup holiday trip ini. Anak-anak berkesempatan melihat proses pembuatan pizza di Domino’s Pizza di wilayah Kemang. Mereka juga mendapatkan pengalaman mendesain pizza dengan berbagai macam toping sesuai selera masing-masing. Bisa memakan pizza hasil desain sendiri menjadi kebanggaan tersendiri bagi mereka.